Bisnis Plan Gudang Domba Peternakan

Awal usaha hanya memelihara domba
sebagai sambilan. Sejak awal tahun 2011 bertempat di dusun tulung, Tamanmartini,
Kalasan, Sleman Yogyakarta. Awal berdiri hanya memiliki 3 ekor cempe ( Anak
domba ) dan 1 ekor indukan. Hingga saat ini ada 22 ekor domba meliputi indukan
4 ekor, sisanya jantan dan betina muda. Sekarang usaha ini kami ambil alih
dengan sistem yang lebih professional. Nama peternakan kami adalah “Gudang
Domba Farm” dengan domba hidup sebagai komoditas utama. Visi kami adalah
menyediakan daging sehat untuk kehidupan lebih baik. Daging merupakan sumber
protein yang sangat penting bagi kehidupan, dengan meningkatnya konsumsi
protein hewani harapan kami adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Peternakan kami menghasilkan produk utama yaitu domba hidup. Kami memberikan solusi bagi permasalahan sulitnya mencari domba dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau. Gudang Domba Farm juga memberikan fasilitas berupa pemotongan ternak serta jasa masak untuk mempermudah konsumen. Harapan kami adalah dengan memberikan fasilitas tambahan kami dapat meningkatkan harga jual produk kami. Kami juga menyediakan jasa catering makanan untuk acara-acara syukuran seperti Aqiqah, khitanan, ataupun lainya yang menginginkan daging domba sebagai hidangan untuk tamu.
Usaha peternakan yang kami lakukan terbagi dalam dua jenis yaitu penggemukan dan pembibitan ternak. Usaha lain yang kami lakukan yaitu Jasa pemotongan dan pemasakan domba untuk Aqiqah. Usaha penggemukan kami lakukan dalam waktu 2 bulan, yaitu dengan cara membeli ternak muda kemudian digemukan dengan pemberian pakan fermentasi. Usaha pembibitan yaitu dengan mememiliharan indukan hingga melahirkan anakan yang dilakukan selama 8 bulan. Penjualan yang kami lakukan berdasarkan kategori berat badan sehingga keuntungan diperoleh dari dua hal yaitu selisih harga beli dan harga jual penambahan berat badan domba. Keuntungan juga diperoleh dari jasa pemotongan ternak serta jasa masak.
Target utama produk kami ada dua yaitu bisnis lain dan konsumen akhir. Bisnis lain yang membutuhkan daging domba antara lain warung sate, pedang daging di pasar, dan intansi-intansi yang membutuhkan domba. Konsumen akhir kami yaitu masyarakat menengah keatas yang membutuhkan domba untuk tujuan Aqiqah, Qurban dan acara-acara syukuran. Harga yang ditawarkan untuk domba hidup adalah Rp 1.200.000 hingga Rp 2.000.000. Biaya masak yang kami tawarkan mulai Rp 300.000 hingga 500.000 untuk satu ekor domba.
Dalam pengoperasian peternakan kami merencanakan untuk merekrut 5 orang pegawai. Satu orang sebagai anak kandang dengan tugas memberi makan domba pada pagi dan sore. Dua orang sebagai juru masak. Dua orang sebagai marketing dan administrasi, marketing dan administrasi bertugas untuk melakukan penjualan dan pencatatan keuangan.
Kami memiliki mimpi untuk membangun peternakan domba yang besar yang dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kami berharap dengan adanya kesempatan berwirausaha menjadi jalan untuk bermanfaat bagi orang lain melalui produk kami serta layanan yang kami berikan.
Peternakan kami menghasilkan produk utama yaitu domba hidup. Kami memberikan solusi bagi permasalahan sulitnya mencari domba dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau. Gudang Domba Farm juga memberikan fasilitas berupa pemotongan ternak serta jasa masak untuk mempermudah konsumen. Harapan kami adalah dengan memberikan fasilitas tambahan kami dapat meningkatkan harga jual produk kami. Kami juga menyediakan jasa catering makanan untuk acara-acara syukuran seperti Aqiqah, khitanan, ataupun lainya yang menginginkan daging domba sebagai hidangan untuk tamu.
Usaha peternakan yang kami lakukan terbagi dalam dua jenis yaitu penggemukan dan pembibitan ternak. Usaha lain yang kami lakukan yaitu Jasa pemotongan dan pemasakan domba untuk Aqiqah. Usaha penggemukan kami lakukan dalam waktu 2 bulan, yaitu dengan cara membeli ternak muda kemudian digemukan dengan pemberian pakan fermentasi. Usaha pembibitan yaitu dengan mememiliharan indukan hingga melahirkan anakan yang dilakukan selama 8 bulan. Penjualan yang kami lakukan berdasarkan kategori berat badan sehingga keuntungan diperoleh dari dua hal yaitu selisih harga beli dan harga jual penambahan berat badan domba. Keuntungan juga diperoleh dari jasa pemotongan ternak serta jasa masak.
Target utama produk kami ada dua yaitu bisnis lain dan konsumen akhir. Bisnis lain yang membutuhkan daging domba antara lain warung sate, pedang daging di pasar, dan intansi-intansi yang membutuhkan domba. Konsumen akhir kami yaitu masyarakat menengah keatas yang membutuhkan domba untuk tujuan Aqiqah, Qurban dan acara-acara syukuran. Harga yang ditawarkan untuk domba hidup adalah Rp 1.200.000 hingga Rp 2.000.000. Biaya masak yang kami tawarkan mulai Rp 300.000 hingga 500.000 untuk satu ekor domba.
Dalam pengoperasian peternakan kami merencanakan untuk merekrut 5 orang pegawai. Satu orang sebagai anak kandang dengan tugas memberi makan domba pada pagi dan sore. Dua orang sebagai juru masak. Dua orang sebagai marketing dan administrasi, marketing dan administrasi bertugas untuk melakukan penjualan dan pencatatan keuangan.
Kami memiliki mimpi untuk membangun peternakan domba yang besar yang dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kami berharap dengan adanya kesempatan berwirausaha menjadi jalan untuk bermanfaat bagi orang lain melalui produk kami serta layanan yang kami berikan.

Gudang Domba Farm merupakan usaha peternakan yang
menghasilkan ternak domba sebagai produk utama. Ternak domba yang dihasilkan
mempunyai ualitas yang tinggi, karena menggunakan sistem pemeliharaan yang baik
dalam bidang perkandangan, sanitasi, dan terutama pada pakannya. Ternak yang
dipelihara adalah domba dengan umur dan bobot badan bervariasi.
Ternak dijual dalam keadaan hidup atau sudah diolah
dalam bentuk paket aqiqah dengan cara pemesanan dan dapat juga membeli secara
langsung datang ke kandang. Domba dijual berdasarkan bobot badan dan
kharakteristik ternak. Domba yang bertanduk mempunyai harga yang lebih mahal
dibandingkan dengan yang tidak bertanduk atau dalam istilah jawa disebut dugul.
Domba yang memiliki belang hitam atau kacamata di mata memiliki nilai harga
yang lebih tinggi karena dalam tradisi jawa dibutuhkan untuk Aqikah dan
peringatan seribu hari (nyewu) orang
meninggal.
Gudang
Domba Farm menawarkan jasa masak untuk aqiqah dan menyediakan nasi kotak untuk
yang membutuhkan. Paket aqiqah yang ditawarkan dapat berupa domba hidup saja atau
dengan pemotongan dan masak atau ditambah paket nasi kotak, Semua paket
tersebut disesuaikan dengan keinginan konsumen sehingga memudahkan konsumen
dalam memilih. Kami juga memberikan pelayanan antar untuk semua pemesanan.
Pasar
hewan Qurban menjadi salah satu pasar utama kami. Setiap tahun permintaan hewan
ternak berupa domba ataupun kambing selalu dibutuhkan untuk pelaksanaan ibadah
Qurban. Gudang Domba Farm membuka bazar terbuka untuk pembelian hewan qurban.
Kami membuka stand khusus ditempat strategis untuk mendapatkan pembeli. Bazar
tersebut dibuat dengan tujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan hewan
qurban.

Ø
Strenght
1.
Produk
yang berkualitas
dengan jaminan bebas penyakit
2.
Jaringan
stock domba luas
meliputi peternak dan mitra lain
3.
Dasar
Ilmu Peternakan cukup mumpuni
4.
Tenaga
kerja yang kompeten dan berpengalaman
5.
Dukungan
masyarakat kuat
6.
Optimalisasi
media (sosial dan cetak) sebagai kekuatan promosi
7.
Prinsip
usaha sesuai syari'at Islam dan standar kesehatan (Aman, Sehat, Utuh dan Halal)
8.
Dukungan
pihak fakultas
peternakan Universitas Gadjah Mada.
9.
Memahami
kondisi pasar domba di Jogja dan lokasi strategis pemasaran
10.
Fokus
usaha bervariasi
sehingga memberikan banyak pilihan bagi pembeli.
Ø
Weakness
1.
Kepemilikan
lahan terbatas
2.
Transportasi
belum maksimal
Ø
Opportunity
1.
Kebutuhan
konsumsi daging masyarakat Jogja yang
cukup tinggi dan terus meningkat
2.
Memiliki
potensi yang besar untuk dapat memberdayakan masyarakat dan menyerap tenaga
kerja
3.
Kondisi
lingkungan di wilayah Jogja yang kondusif
4.
Potensi
menarik investor untuk penanaman modal
Ø
Threat
1.
Kondisi
pasar penjualan daging cukup padat
2.
Harga
domba yang fluktuatif

à
Gudang
Domba Farm
Gudang
domba farm adalah sebuah perusahaan
berbasis bisnis mahasiswa yang menyediakan stock berbagai jenis domba berkualitas
dan bersertifikat untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari urusan aqiqah hingga kebutuhan untuk pembibitan dengan harga bersaing. Kulaitas domba menjadi prioritas dalam perusahaan kami dan dapat terindikasikan melalui bobot tubuh dan penampilan fisik domba di
Gudang Domba Farm, seperti mata cerah, ukuran badan proporsional, kaki kokoh,
kepala bertanduk untuk betina dan bergerak aktif. Beberapa indikator diatas
menjadi sedikit dari karakteristik ternak domba dapat dikategorikan berkualitas
baik. Keunggulan yang kami
tawarkan adalah kemudahan pembeli dalam memilih paket produk sesuai kebutuhan dan harga yang bersahabat. Di sektor produk olahan masakan,
domba diolah secara higienis dan profesional sehingga dapat sesuai dengan selera
konsumen secara umum.
à
Segmenting
Segmentasi
konsumen dari Gudang Domba Farm adalah semua kalangan dengan berbagai latar
belakang kehidupan. Beberapa segmentasi khusus diantaranya adalah keluarga yang
baru dianugerahi anak, para peternak perintis dan para pecinta kuliner olahan
domba.
à
Targeting
Raung
lingkup pasar yang luas, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Gudang
Domba Far untuk menyediakan ready stock, mengingat kebutuhan masayarakat akan
konsumsi olahan domba terus meningkat dan usaha peternakan memasuki mauli populer,
mulai dari masyarakat desa hingga mahasiswa yang notabene tinggal di daerah
perkotaan. Oleh karena itu, sebagai usaha perintisan, Gudang Domab Farm terus
meluaskan jaringan kerjasama, khususnya dengan para pengusaha ternak yang
tersebar di daerah Sleman dan sekitarnya. Sejauh ini, kita telah bekerjasama
dengan penyedia stock domba, khususnya peternak rakyat, dan perusahaan, dan
jaringan akan terus diperluas mengingat target penjualan kami yaitu setiap
minggu, minimal 5 ekor domba telah sampai di tangan konsumen.
à
Positioning
Gudang
Domba Farm akan menempatkan diri untuk membantu menyalurkan domab peternak
rakyat langsung ke tangan konsumen, sehingga sebisa mungkin menjalin kerjasama
yang saling menguntungkan dengan peternak pada umumnya dan menjadi mitra bagi
perusahaan yang lebih besar.
v
Marketing Mix
à
Promosi
1.
Optimalisasi
melalui brosur dan pamflet yang tersebar langsung ke tangan konsumen
2.
Event – event wirausaha dan mahasiswa
3.
Jejaring sosial yang terupdate
secara berkala
à
Produk
+ Price
No
|
Produk
/ Layanan
|
Harga
|
Keterangan
|
1
|
Domba
Hidup
|
Rp
55.000,-
|
Per
kg berat hidup*
|
2
|
Jasa
Pemotongan Domba
|
Rp
50.000,-
|
Per
kepala
|
3
|
Paket
Aqiqah
|
|
|
|
Tipe Special
|
||
|
Berat
Hidup
|
17-22
kg
|
|
|
Harga
|
Rp
1.200.000,-
|
|
|
Biaya
Masak
|
Rp
300.000,-
|
|
|
Sate
|
240
tusuk, gule 80 porsi
|
|
|
|
|
|
|
Tipe Premium
|
||
|
Berat
Hidup
|
23-26
kg
|
|
|
Harga
|
Rp
1.400.000,-
|
|
|
Biaya
Masak
|
Rp
350.000,-
|
|
|
Sate
|
300
tusuk, gule 100 porsi
|
|
|
|
|
|
|
Tipe Super
|
||
|
Berat
Hidup
|
27-30
kg
|
|
|
Harga
|
Rp
1.725.000,-
|
|
|
Biaya
Masak
|
Rp
400.000,-
|
|
|
Sate
|
450
tusuk, gule 150 porsi
|
|
|
|
|
|
|
Tipe
Istimewa
|
||
|
Berat
Hidup
|
31-34
kg
|
|
|
Harga
|
Rp
1.935.000,-
|
|
|
Biaya
Masak
|
Rp
450.000,-
|
|
|
Sate
|
500
tusuk, gule 175 porsi
|
à
Place
1.
Desa
Tulung (03/02), Taman Martani, Kalasan, Sleman
Sistem marketing mix Gudang Domba Farm akan didesain dengan menyesuaikan kondisi perubahan
pasar dengan tetap memberikan pelayanan secara optimal berupa kualitas maksimal.

v Tahapan Produksi
1. Stok Domba diperoleh dari peternakan milik Gudang Domba Farm dan
peternak rakyat di beberapa daerah di Yogyakarta
2. Pemeliharaan domba dilakukan oleh tenaga kerja yang ahli di bidangnya
dengan memperhatikan aspek terkait kualitas pakan, kepadatan kandang dan
kebersihannya.
3. Pengolahan olahan domba untuk kebutuhan aqiqah dan konsumsi mengutamakan
kebersihan sebagai faktor terpenting dalam produk olahan makanan, proses
produksi dilakakuan di rumah produksi
4. Pendistribusian dilakukan dengan transportasi mobil dengan tetap
menjaga kenyamanan domba dan meminimalisir stress yang terjadi selama perjalanan.
Distribusi makanan dilakukan dengan tetap menjaga higienitas dan kualitas
masakan
5.
Konsumen dapat melakukan
konsultasi secara rutin terkait domba yang sudah dibeli, sebagai bentuk
pelayanan kami dan kontribusi untuk peternakan rakyat yang lebih baik
v Rencana Produksi
I.
Tahap
pertama ( Bulan I )
II.
Tahap Kedua ( Bulan II )
III.
Tahap Ketiga ( Bulan III )
IV.
Tahap Keempat ( Bulan IV )

Bagan
Organisasi
Teknis Operasional
Dalam menjalankan
bisnis ini kami membagi struktur organisasi agar dalam pelaksanaan bisnis dapat
berjalan sesuai target. Fungsi utama tim ini adalah bekerja secara sinergis
untu pengembangan bisnis yang lebih massif dalam ekspansinya. Sebagai awal dari
memulai bisnis, yaitu dengan perencanaan anggaran dan pembagian tugas kerja.
Ketua
Target Utama :
·
Ketua merupakan penanggungjawab
utama Gudang Domba Farm sekaligus menjadi motivator dan problem solver dalam
kelanjutan usaha.
·
Mengatur efektifitas
promosi, pemasaran dan pelayanan konsumen serta manager dan inisiator dalam peningkatan
bisnis.
·
Menyediakan peralatan
dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pemeliharaan ternak dan pengolahan
menjadi masakan.
·
Membuka dan menjaga
hubungan baik dengan mitra usaha sehingga dapat membangun jaringan bisnis yang
terus meluas.
Wakil
Ketua I
Target
Utama :
·
Wakil Ketua II
bertanggungjawab untuk menjaga stabilitas dan konsistensi bisnis.
·
Menentukan rancangan inovasi
produk dan pelayanan konsumen serta manager dan inisiator dalam upgrading
bisnis.
·
Melakukan eksperimen
inovasi produk serta pengawasan terhadap proses dan kualitas produk.
·
Menjaga hubungan baik dengan mitra usaha dan
membangun jaringan bisnis.
Wakil Ketua II
Target
Utama :
·
Wakil
Ketua II bertanggungjawab terhadap pengelolaan dana.
·
Mengumpulkan
informasi dan analisator sehingga dapat digunakan dalam menyusun strategi untuk
mengembangkan bisnis.
·
Serta
bertanggungjawab dalam pengelolaan produk.
Karyawan
·
Karyawan
bagian produksi bertanggungjawab terhadap pembuatan produk. Sebagai koki
sekaligus membantu dalam kegiatan produksi.
·
Karyawan
bagian distribusi bertugas memdistribusikan produk kepada konsumen baik secara
langsung maupun tidak langsung. Dan membantu segala proses yang berkaitan
dengan distribusi produk

§ Dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)
Dana program
mahasiswa wirausaha sebagai pinjaman modal kepada Just Q-Ding company sejumlah
Rp 20.000.000,- yang akan diberikan melalui dua tahapan, yaitu:
I.
Tahap I sebesar 70 % dari dana
pinjaman sebesar Rp 14.000.000,- tanggal
26 juli 2013
II.
Tahap II sebesar 30 % dari dana
pinjaman sebesar Rp 6.000.000,- tanggal
3 oktober 2013

à
Investasi Aset 57% dari pencairan
dana tahap I sebesar Rp 7.980.000,- dengan rincian sebagai berikut.
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Total
|
Kompor Gas
|
2
|
Rp 300.000,-
|
Rp 600.000,-
|
Tabung Gas
|
2 Tabung Besar
(Primer Energi)
2 Tabung Kecil (Cadangan Energi)
|
Rp 650.000,-
Rp 200.000,-
|
Rp 1.300.000,-
Rp 400.000,-
|
Selang Gas
|
2
|
Rp 100.000,-
|
Rp 200.000,-
|
Peralatan Masak
|
1 Set
|
Rp 1.000.000,-
|
Rp 1.000.000,-
|
Freezer
|
1
|
Rp 1.450.000,-
|
Rp 1.450.000,-
|
Mixer
|
1
|
Rp 500.000,-
|
Rp 500.000,-
|
Blender
|
1
|
Rp 500.000,-
|
Rp 500.000,-
|
Etalase
|
1
|
Rp 650.000,-
|
Rp 650.000,-
|
Cooller Box
|
10
|
Rp 135.000,-
|
Rp 1.350.000,-
|
|
|
Jumlah
|
Rp 7.950.000,-
|
à
à
Biaya Produksi dan Operasional 35% dari pencairan dana tahap
I sebesar Rp 4.900.000,-
dengan rincian sebagai berikut.
I.
Produksi
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Total
|
Susu Segar
|
75 Liter
|
Rp 6000/ Liter
|
Rp 450.000,-
|
Bahan-bahan lain
(Secret Recipe)
|
50 Set
|
Rp 35.000/ Set
|
Rp 1.750.000,-
|
Packing
|
1000 Pcs
|
Rp 450/ Pcs
|
Rp 450.000,000,-
|
|
|
Jumlah
|
Rp 2.650.000,-
|
Biaya
Produksi dalam tabel diatas merupakan estimasi pada bulan pertama dengan target
produk sejumlah 1.000 Pcs / bulan sebagai langkah awal, rincian biaya produksi
dan operasional akan diterangkan lebih lanjut dalam rencana arus selama 4 bulan
yaitu bulan agustus-november 2013.
II.
Operasional
Nama
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Energi
(Gas,
Listrik, & Air)
|
12 X
produksi
|
Rp
4.500,-
|
Rp
54.000,-
|
Transportasi
(Bensin,
Parkir, dll)
|
25 X trip
|
Rp 12.000,-
|
Rp 300.000,-
|
Gaji
Pekerja
|
12 X
produksi
|
Rp
40.000,-
|
Rp
480.000,-
|
Overhead
|
1
|
Rp 100.000,-
|
Rp 100.000,-
|
|
|
Jumlah
|
Rp
934.000,-
|
Biaya
operasional dalam tabel diatas merupakan estimasi pada bulan pertama dengan
target produksi sejumlah 1.000 Pcs / bulan sebagai langkah awal, rincian biaya
produksi dan operasional akan diterangkan lebih lanjut dalam rencana arus
selama 4 bulan yaitu bulan agustus-november 2013.
Jumlah
biaya produksi dan operasional pada bulan pertama sebesar Rp 3.584.000,- , sisa biaya sejumlah Rp 1.316.000,- akan
digunakan sebagai dana bakcup dan dana produksi pada bulan berikutnya yang akan
diterangkan pada rencana arus kas.
à
Saldo 8 % dari pencairan dana
tahap I sebesar Rp 1.120.000,- dengan rincian sebagai berikut.
Nama
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Saldo
Endapan
(Backup
Dana & Tabungan)
|
1 set
|
Rp
300.000,-
|
Rp
300.000,-
|
Promosi
|
1 set
|
Rp 450.000,-
|
Rp 450.000,-
|
Inovasi
& Eksperimen
|
1 set
|
Rp
350.000,-
|
Rp
350.000,-
|
Potongan
saldo endapan mandiri
|
1 set
|
Rp 100.000,-
(-/minus)
|
Rp 100.000,-
(-/minus)
|
|
|
Jumlah
|
Rp
1.020.000,-
|
Saldo
merupakan keterangan dana yang dipersiapkan untuk kebutuhan mendadak diluat
estimasi rencana keuangan, sebuah bakcup dana, tabel diatas merupakan kompilasi
dana termasuk dana promosi, inovasi dan ekperimen. Biaya saldo endapan tabungan
pun disertakan sebagai rincian dana yang patut diperhitungkan.

à
Biaya Ekspansi Usaha 70 % dari
pencairan dana tahap II sebesar Rp 4.200.000,- dengan rincian sebagai berikut.
Nama
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Display
Freezer
|
2
|
Rp
1.550.000,-
|
Rp
3.100.000,-
|
CoollerBox
|
5
|
Rp 135.000 ,-
|
Rp 675.000,-
|
Overhead
|
1
|
Rp 170.000,-
|
Rp
170.000,-
|
Backup
Dana
|
1
|
Rp 255.000,-
|
Rp 255.000,-
|
|
|
Jumlah
|
Rp
4.200.000,-
|
Biaya
ekspansi akan digunakan setelah Just Q-ding beroperasi minimal 3 bulan dan
mulai mendapatkan mitra usaha yang lebih luas untuk memperluas pasar, sehingga
profit maksimal dapat dicapai sesuai harapan dan estimasi.
à
Backup Dana Tahap II / Tabungan 30
% dari pencairan dana tahap II sebesar Rp 1.800.000,- dengan rincian sebagai
berikut.
Nama
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Tabungan
|
1
|
Rp
1.800.000,-
|
Rp
1.800.000,-
|
|
|
Jumlah
|
Rp 1.800.000,-
|
Tabungan
merupakan dana yang digunakan sebagai saldo endapan perusahaan yang dapat
digunakan untuk keperluan yang sangat urgent atau sebagai solusi “Assesment of
Risk”, tujuan penyimpanan dana adalah sebagai pengamanan keuangan bisnis secara
keseluruhan.

à
Rencana
Arus Kas
|
Rincian
|
Bulan I
|
Bulan II
|
Bulan III
|
Bulan IV
|
|
Uang tunai di awal bulan
|
4900
|
3600
|
4460
|
6265
|
|
Uang masuk dari
penjualan
|
4200
|
7260
|
9555
|
11100
|
|
Uang masuk lainnya
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
Total uang masuk (A)
|
9100
|
10860
|
14015
|
17365
|
|
Uang keluar untuk biaya
bahan langsung
|
2650
|
3150
|
3900
|
4450
|
|
Uang keluar untuk tenaga
kerja langsung
|
900
|
1100
|
1500
|
1500
|
|
Uang keluar untuk biaya
tidak langsung
|
750
|
950
|
1150
|
1350
|
|
Uang keluar untuk
investasi terencana
|
250
|
250
|
250
|
250
|
|
Pembayaran hutang
|
750
|
750
|
750
|
750
|
|
Uang keluar lainnya
|
200
|
200
|
200
|
200
|
|
Total uang keluar (B)
|
5500
|
6400
|
7750
|
8500
|
|
Jumlah uang pada akhir bulan (A-B)
|
3600
|
4460
|
6265
|
8865
|

à
Potensial Resiko
1.
Kompetitor menyadari sistem
marketing Just Q-ding
2.
Harga bahan baku yang mahal karena
kekurangan pasokan
3.
Mitra usaha menunda pembayaran
penjualan
4.
Karyawan tidak mendukung sistem
kerja yang diterapkan Just Q-Ding company
à
Dampak Resiko
1.
Persaingan pasar akan semakin
sulit dan proses ekspansi terhambat
2.
Produk puding akan mengalami
kenaikan biaya produksi yang tinggi sehingga Just Q-Ding company harus siap
dalam mengatasi masalah tersebut demi menjaga ketahanan pasar
3.
Just Q-Ding mengalami hambatan
dalam perputaran dana yang akan menghambat proses produksi dan distribusi dalam
siklus Just Q-Ding company
4.
Proses produksi dapat berhenti
sehingga distribusi terhambat untuk beberapa waktu tertentu, resiko terburuk
adalah konsumen merasa kecewa karena tidak dapat menikmati puding Just Q-Ding
sehingga ketahanan pasar melemah
à
Strategi dan Solusi
1.
Strategi marketing sudah mulai
direncanakan sesuai dengan tahapan yang akan dilalui dalam 4 bulan pertama
usaha berjalan, kemudian membangun jaringan dengan proses loby kebeberapa
target pasar untuk membuka jalan kerjasama sebagai mitra usaha yang saling
menguntungkan. Pada dasarnya mitra usaha adalah konsumen Just Q-Ding company
yang harus dilayani seperti layaknya raja sehingga dapat memberikan profit
maksimal dan menjadikan hubungan kerjasama secara langgeng. Hubungan mitra
usaha yang baik akan menjaga pasar Just Q-Ding dalam dunia usaha.
2.
Just Q-Ding Company akan membuat
komitmen kepada mitra usaha penyedia bahan baku utama sehingga bila terjadi
sesuatu hal diluar perhitungan maka akan disepakati secara bersama untuk
mendapatkan solusi win-win solution agar
proses produksi tetap berjalan dan tidak begitu mengganggu jalanya usaha baik
distribusi dan pendapatan omset secara signifikan
3.
Just Q-Ding company memiliki dan
mempersiapkan dana backup demi kepentingan urgent untuk menjaga kelangsungan
usaha dalam beberapa bulan bila terjadi keterlambatan pembayaran penjualan dari
mitra usaha distribusi, tetapi Just Q-Ding membuat komitmen diawal perjanjian
dengan mitra usaha distribusi demi meminimalisir kesalahan proses usaha
4.
Karyawan akan diseleksi secara
cermat dan ketat, proses pertama dalam perekrutan karyawan adalah proses magang
kerja selama dua bulan, selama proses magang akan dinilai kepribadian, kinerja,
dan keinginan dari karyawan tersebut. Sistem pembayaran upah kerja akan
disesuaikan dengan jumlah produksi dengan tetap memberikan gaji pokok sehingga
karyawan dapat berkerja secara optimal dan dapat merasa tercukupi kehidupanya
melalui pekerjaan di Just Q-Ding company. Sistem bonus ketika target penjualan
tercapai akan diberikan kepada karyawan agar karyawan merasa bahwa dia adalah bagian
dari keluarga besar Just Q-Ding company

v Lampiran beberapa alamat sekolah yang akan
menjadi target marketing pada tahap pertama.
1.
SMA Negeri
1 Yogyakarta
Jln. Hos Cokroaminoto No. 10
Yogyakarta
Telp: 0274-513454-542604
Jumlah siswa: 828 (32 siswa per
kelas regular dan 20 siswa per kelas akselerasi) dengan 9 kelas tiap
tingkatnya.
2.
SMA
Muhammadiyah 1
Jln. Gotong Royong II Petinggen
Karangwaru Tegalrajo, Yogyakarta
Telp: 0274-563739-519533
Jumlah siswa: 960 dengan 10 kelas
tiap tingkatnya dan 2 kelas akselerasi
3.
SMA Stella
Duce 1 Yogyakarta
Jln. Sabirin No. 1 kotabaru,
Yogyakarta
Telp: 0274-513478-552457
v Lampiran alamat target mitra usaha
pendistribusian display freezer
1.
Gudeg
mbarek
Jln. Kaliurang KM
4,5 Utara UGM Karangasem Kocoran Catur Tunggal Depok Yogyakarta
Telp: 0274-520049
2.
Rumah
Makan Ngudi Rejeki
Jln. Selokan
Mataram, Pogung Kidul, Utara Fakultas Teknik Sipil UGM
Telp: 0274-631012
/ 081392303583
3.
D’Paragon
Jln. Merpati No.
98 Mancasan Lor, Condong Catur, Depok, Sleman-Yogyakarta
Telp: 0274-6666
706
Post a Comment for "Bisnis Plan Gudang Domba Peternakan"