Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Plan Gudang Domba Peternakan



*      Executive Summary
Awal usaha hanya memelihara domba sebagai sambilan. Sejak awal tahun 2011 bertempat di dusun tulung, Tamanmartini, Kalasan, Sleman Yogyakarta. Awal berdiri hanya memiliki 3 ekor cempe ( Anak domba ) dan 1 ekor indukan. Hingga saat ini ada 22 ekor domba meliputi indukan 4 ekor, sisanya jantan dan betina muda. Sekarang usaha ini kami ambil alih dengan sistem yang lebih professional. Nama peternakan kami adalah “Gudang Domba Farm” dengan domba hidup sebagai komoditas utama. Visi kami adalah menyediakan daging sehat untuk kehidupan lebih baik. Daging merupakan sumber protein yang sangat penting bagi kehidupan, dengan meningkatnya konsumsi protein hewani harapan kami adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
            Peternakan kami menghasilkan produk utama yaitu domba hidup. Kami memberikan solusi bagi permasalahan sulitnya mencari domba dengan kualitas yang baik dan harga terjangkau. Gudang Domba Farm juga memberikan fasilitas berupa pemotongan ternak serta jasa masak untuk mempermudah konsumen. Harapan kami adalah dengan memberikan fasilitas tambahan kami dapat meningkatkan harga jual produk kami. Kami juga menyediakan jasa catering makanan untuk acara-acara syukuran seperti Aqiqah, khitanan, ataupun lainya yang menginginkan daging domba sebagai hidangan untuk tamu.           
            Usaha peternakan yang kami lakukan terbagi dalam dua jenis yaitu penggemukan dan pembibitan ternak. Usaha lain yang kami lakukan yaitu Jasa pemotongan dan pemasakan domba untuk Aqiqah. Usaha penggemukan kami lakukan dalam waktu 2 bulan, yaitu dengan cara membeli ternak muda kemudian digemukan dengan pemberian pakan fermentasi. Usaha pembibitan yaitu dengan mememiliharan indukan hingga melahirkan anakan yang dilakukan selama 8 bulan. Penjualan yang kami lakukan berdasarkan kategori berat badan sehingga keuntungan diperoleh dari dua hal yaitu selisih harga beli dan harga jual penambahan berat badan domba. Keuntungan juga diperoleh dari jasa pemotongan ternak serta jasa masak.          
            Target utama produk kami ada dua yaitu bisnis lain dan konsumen akhir. Bisnis lain yang membutuhkan daging domba antara lain warung sate, pedang daging di pasar, dan intansi-intansi yang membutuhkan domba. Konsumen akhir kami yaitu masyarakat menengah keatas yang membutuhkan domba untuk tujuan Aqiqah, Qurban dan acara-acara syukuran.  Harga  yang ditawarkan untuk domba hidup adalah Rp 1.200.000 hingga Rp 2.000.000. Biaya masak yang kami tawarkan mulai Rp 300.000 hingga 500.000 untuk satu ekor domba.        
            Dalam pengoperasian peternakan kami merencanakan untuk merekrut 5 orang pegawai. Satu orang sebagai anak kandang dengan tugas memberi makan domba pada pagi dan sore. Dua orang sebagai juru masak. Dua orang sebagai marketing dan administrasi, marketing dan administrasi bertugas untuk melakukan penjualan dan pencatatan keuangan.       
            Kami memiliki mimpi untuk membangun peternakan domba yang besar yang dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kami berharap dengan adanya kesempatan berwirausaha menjadi jalan untuk bermanfaat bagi orang lain melalui produk kami serta layanan yang kami berikan.

*      Business Description

Gudang Domba Farm merupakan usaha peternakan yang menghasilkan ternak domba sebagai produk utama. Ternak domba yang dihasilkan mempunyai ualitas yang tinggi, karena menggunakan sistem pemeliharaan yang baik dalam bidang perkandangan, sanitasi, dan terutama pada pakannya. Ternak yang dipelihara adalah domba dengan umur dan bobot badan bervariasi.
Ternak dijual dalam keadaan hidup atau sudah diolah dalam bentuk paket aqiqah dengan cara pemesanan dan dapat juga membeli secara langsung datang ke kandang. Domba dijual berdasarkan bobot badan dan kharakteristik ternak. Domba yang bertanduk mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak bertanduk atau dalam istilah jawa disebut dugul. Domba yang memiliki belang hitam atau kacamata di mata memiliki nilai harga yang lebih tinggi karena dalam tradisi jawa dibutuhkan untuk Aqikah dan peringatan seribu hari (nyewu) orang meninggal.  
            Gudang Domba Farm menawarkan jasa masak untuk aqiqah dan menyediakan nasi kotak untuk yang membutuhkan. Paket aqiqah yang ditawarkan dapat berupa domba hidup saja atau dengan pemotongan dan masak atau ditambah paket nasi kotak, Semua paket tersebut disesuaikan dengan keinginan konsumen sehingga memudahkan konsumen dalam memilih. Kami juga memberikan pelayanan antar untuk semua pemesanan.
            Pasar hewan Qurban menjadi salah satu pasar utama kami. Setiap tahun permintaan hewan ternak berupa domba ataupun kambing selalu dibutuhkan untuk pelaksanaan ibadah Qurban. Gudang Domba Farm membuka bazar terbuka untuk pembelian hewan qurban. Kami membuka stand khusus ditempat strategis untuk mendapatkan pembeli. Bazar tersebut dibuat dengan tujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan hewan qurban.

*      Environmental and Industry Analysis

Ø Strenght
1.      Produk yang berkualitas dengan jaminan bebas penyakit
2.      Jaringan stock domba luas meliputi peternak dan mitra lain
3.      Dasar Ilmu Peternakan cukup mumpuni
4.      Tenaga kerja yang kompeten dan berpengalaman
5.      Dukungan masyarakat kuat
6.      Optimalisasi media (sosial dan cetak) sebagai kekuatan promosi
7.      Prinsip usaha sesuai syari'at Islam dan standar kesehatan (Aman, Sehat, Utuh dan Halal)
8.      Dukungan pihak fakultas peternakan Universitas Gadjah Mada.
9.      Memahami kondisi pasar domba di Jogja dan lokasi strategis pemasaran
10.  Fokus usaha bervariasi sehingga memberikan banyak pilihan bagi pembeli.

Ø Weakness
1.      Kepemilikan lahan terbatas
2.      Transportasi belum maksimal

Ø Opportunity
1.      Kebutuhan konsumsi daging masyarakat Jogja yang  cukup tinggi dan terus meningkat
2.      Memiliki potensi yang besar untuk dapat memberdayakan masyarakat dan menyerap tenaga kerja
3.      Kondisi lingkungan di wilayah Jogja yang kondusif
4.      Potensi menarik investor untuk penanaman modal

Ø Threat
1.      Kondisi pasar penjualan daging cukup padat
2.      Harga domba yang fluktuatif


*      Marketing Strategy

à         Gudang Domba Farm
                Gudang domba farm adalah sebuah perusahaan berbasis bisnis mahasiswa yang menyediakan stock berbagai jenis domba berkualitas dan bersertifikat untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari urusan aqiqah hingga kebutuhan untuk pembibitan dengan harga bersaing. Kulaitas domba menjadi prioritas dalam perusahaan kami dan dapat terindikasikan melalui bobot tubuh dan penampilan fisik domba di Gudang Domba Farm, seperti mata cerah, ukuran badan proporsional, kaki kokoh, kepala bertanduk untuk betina dan bergerak aktif. Beberapa indikator diatas menjadi sedikit dari karakteristik ternak domba dapat dikategorikan berkualitas baik. Keunggulan yang kami tawarkan adalah kemudahan pembeli dalam memilih paket produk sesuai kebutuhan dan harga yang bersahabat. Di sektor produk olahan masakan, domba diolah secara higienis dan profesional sehingga dapat sesuai dengan selera konsumen secara umum.
à         Segmenting
                Segmentasi konsumen dari Gudang Domba Farm adalah semua kalangan dengan berbagai latar belakang kehidupan. Beberapa segmentasi khusus diantaranya adalah keluarga yang baru dianugerahi anak, para peternak perintis dan para pecinta kuliner olahan domba.
à         Targeting
                Raung lingkup pasar yang luas, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Gudang Domba Far untuk menyediakan ready stock, mengingat kebutuhan masayarakat akan konsumsi olahan domba terus meningkat dan usaha peternakan memasuki mauli populer, mulai dari masyarakat desa hingga mahasiswa yang notabene tinggal di daerah perkotaan. Oleh karena itu, sebagai usaha perintisan, Gudang Domab Farm terus meluaskan jaringan kerjasama, khususnya dengan para pengusaha ternak yang tersebar di daerah Sleman dan sekitarnya. Sejauh ini, kita telah bekerjasama dengan penyedia stock domba, khususnya peternak rakyat, dan perusahaan, dan jaringan akan terus diperluas mengingat target penjualan kami yaitu setiap minggu, minimal 5 ekor domba telah sampai di tangan konsumen.
à         Positioning
                Gudang Domba Farm akan menempatkan diri untuk membantu menyalurkan domab peternak rakyat langsung ke tangan konsumen, sehingga sebisa mungkin menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan peternak pada umumnya dan menjadi mitra bagi perusahaan yang lebih besar.   
v  Marketing Mix








à        Promosi
1.      Optimalisasi melalui brosur dan pamflet yang tersebar langsung ke tangan konsumen
2.      Event – event wirausaha dan mahasiswa
3.      Jejaring sosial yang terupdate secara berkala
à        Produk + Price
No
Produk / Layanan
Harga
Keterangan
1
Domba Hidup
Rp 55.000,-
Per kg berat hidup*
2
Jasa Pemotongan Domba
Rp 50.000,-
Per kepala
3
Paket Aqiqah



Tipe Special

Berat Hidup
17-22 kg

Harga
Rp 1.200.000,-

Biaya Masak
Rp 300.000,-

Sate
240 tusuk, gule 80 porsi




Tipe Premium

Berat Hidup
23-26 kg

Harga
Rp 1.400.000,-

Biaya Masak
Rp 350.000,-

Sate
300 tusuk, gule 100 porsi




Tipe Super

Berat Hidup
27-30 kg

Harga
Rp 1.725.000,-

Biaya Masak
Rp 400.000,-

Sate
450 tusuk, gule 150 porsi




Tipe Istimewa

Berat Hidup
31-34 kg

Harga
Rp 1.935.000,-

Biaya Masak
Rp 450.000,-

Sate
500 tusuk, gule 175 porsi

à        Place
1.      Desa Tulung (03/02), Taman Martani, Kalasan, Sleman

Sistem marketing mix Gudang Domba Farm akan didesain dengan menyesuaikan kondisi perubahan pasar dengan tetap memberikan pelayanan secara optimal berupa kualitas maksimal.



*      Operational Issues
v  Tahapan Produksi
1.       Stok Domba diperoleh dari peternakan milik Gudang Domba Farm dan peternak rakyat di beberapa daerah di Yogyakarta
2.       Pemeliharaan domba dilakukan oleh tenaga kerja yang ahli di bidangnya dengan memperhatikan aspek terkait kualitas pakan, kepadatan kandang dan kebersihannya.
3.       Pengolahan olahan domba untuk kebutuhan aqiqah dan konsumsi mengutamakan kebersihan sebagai faktor terpenting dalam produk olahan makanan, proses produksi dilakakuan di rumah produksi
4.       Pendistribusian dilakukan dengan transportasi mobil dengan tetap menjaga kenyamanan domba dan meminimalisir stress yang terjadi selama perjalanan. Distribusi makanan dilakukan dengan tetap menjaga higienitas dan kualitas masakan
5.       Konsumen dapat melakukan konsultasi secara rutin terkait domba yang sudah dibeli, sebagai bentuk pelayanan kami dan kontribusi untuk peternakan rakyat yang lebih baik

v Rencana Produksi
 







        I.            Tahap pertama ( Bulan I )
      II.            Tahap Kedua ( Bulan II )
    III.            Tahap Ketiga ( Bulan III )
    IV.            Tahap Keempat ( Bulan IV )

*      Human Resource Requirement
Bagan Organisasi
                
 Teknis Operasional
Dalam menjalankan bisnis ini kami membagi struktur organisasi agar dalam pelaksanaan bisnis dapat berjalan sesuai target. Fungsi utama tim ini adalah bekerja secara sinergis untu pengembangan bisnis yang lebih massif dalam ekspansinya. Sebagai awal dari memulai bisnis, yaitu dengan perencanaan anggaran dan pembagian tugas kerja.

 Ketua

Target Utama :

·         Ketua merupakan penanggungjawab utama Gudang Domba Farm sekaligus menjadi motivator dan problem solver dalam kelanjutan usaha.
·         Mengatur efektifitas promosi, pemasaran dan pelayanan konsumen serta manager dan inisiator dalam peningkatan bisnis.
·         Menyediakan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pemeliharaan ternak dan pengolahan menjadi masakan.
·         Membuka dan menjaga hubungan baik dengan mitra usaha sehingga dapat membangun jaringan bisnis yang terus meluas.


Wakil Ketua I
                               
Target Utama :
·         Wakil Ketua II bertanggungjawab untuk menjaga stabilitas dan konsistensi bisnis.
·         Menentukan rancangan inovasi produk dan pelayanan konsumen serta manager dan inisiator dalam upgrading bisnis.
·         Melakukan eksperimen inovasi produk serta pengawasan terhadap proses dan kualitas produk.
·          Menjaga hubungan baik dengan mitra usaha dan membangun jaringan bisnis.




Wakil Ketua II
   

Target Utama :

·         Wakil Ketua II bertanggungjawab terhadap pengelolaan dana.
·         Mengumpulkan informasi dan analisator sehingga dapat digunakan dalam menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis.
·         Serta bertanggungjawab dalam pengelolaan produk.
Karyawan


·         Karyawan bagian produksi bertanggungjawab terhadap pembuatan produk. Sebagai koki sekaligus membantu dalam kegiatan produksi.

·         Karyawan bagian distribusi bertugas memdistribusikan produk kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan membantu segala proses yang berkaitan dengan distribusi produk


*      Financial Projections
§   Dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)
          Dana program mahasiswa wirausaha sebagai pinjaman modal kepada Just Q-Ding company sejumlah Rp 20.000.000,- yang akan diberikan melalui dua tahapan, yaitu:
                                                         I.            Tahap I sebesar 70 % dari dana pinjaman sebesar Rp 14.000.000,-             tanggal 26 juli 2013
                                                       II.            Tahap II sebesar 30 % dari dana pinjaman sebesar Rp 6.000.000,-              tanggal 3 oktober 2013

*      Pencairan Dana Tahap I

à           Investasi Aset 57% dari pencairan dana tahap I sebesar Rp 7.980.000,- dengan rincian sebagai berikut.
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Total
Kompor Gas
2
Rp 300.000,-
Rp 600.000,-
Tabung Gas
2 Tabung Besar
(Primer Energi)
2 Tabung Kecil (Cadangan Energi)
Rp 650.000,-

Rp 200.000,-
Rp 1.300.000,-

Rp 400.000,-
Selang Gas
2
Rp 100.000,-
Rp 200.000,-
Peralatan Masak
1 Set
Rp 1.000.000,-
Rp 1.000.000,-
Freezer
1
Rp 1.450.000,-
Rp 1.450.000,-
Mixer
1
Rp 500.000,-
Rp 500.000,-
Blender
1
Rp 500.000,-
Rp 500.000,-
Etalase
1
Rp 650.000,-
Rp 650.000,-
Cooller Box
10
Rp 135.000,-
Rp 1.350.000,-


Jumlah
Rp 7.950.000,-
à        
à           Biaya Produksi  dan Operasional 35% dari pencairan dana tahap I sebesar              Rp 4.900.000,- dengan rincian sebagai berikut.
                                                                               I.            Produksi
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Total
Susu Segar
75 Liter
Rp 6000/ Liter
Rp 450.000,-
Bahan-bahan lain (Secret Recipe)
50 Set
Rp 35.000/ Set
Rp 1.750.000,-
Packing
1000 Pcs
Rp 450/ Pcs
Rp 450.000,000,-


Jumlah
Rp 2.650.000,-
    Biaya Produksi dalam tabel diatas merupakan estimasi pada bulan pertama dengan target produk sejumlah 1.000 Pcs / bulan sebagai langkah awal, rincian biaya produksi dan operasional akan diterangkan lebih lanjut dalam rencana arus selama 4 bulan yaitu bulan agustus-november 2013.
                                                                             II.            Operasional
Nama
Jumlah
Harga
Total
Energi
(Gas, Listrik, & Air)
12 X produksi
Rp 4.500,-
Rp 54.000,-
Transportasi
(Bensin, Parkir, dll)
25 X trip
Rp 12.000,-
Rp 300.000,-
Gaji Pekerja
12 X produksi
Rp 40.000,-
Rp 480.000,-
Overhead
1
Rp 100.000,-
Rp 100.000,-


Jumlah
Rp 934.000,-
    Biaya operasional dalam tabel diatas merupakan estimasi pada bulan pertama dengan target produksi sejumlah 1.000 Pcs / bulan sebagai langkah awal, rincian biaya produksi dan operasional akan diterangkan lebih lanjut dalam rencana arus selama 4 bulan yaitu bulan agustus-november 2013.
    Jumlah biaya produksi dan operasional pada bulan pertama sebesar Rp 3.584.000,- ,  sisa biaya sejumlah Rp 1.316.000,- akan digunakan sebagai dana bakcup dan dana produksi pada bulan berikutnya yang akan diterangkan pada rencana arus kas.
à      Saldo 8 % dari pencairan dana tahap I sebesar Rp 1.120.000,- dengan rincian sebagai berikut.
Nama
Jumlah
Harga
Total
Saldo Endapan
(Backup Dana & Tabungan)
1 set
Rp 300.000,-
Rp 300.000,-
Promosi
1 set
Rp 450.000,-
Rp 450.000,-
Inovasi & Eksperimen
1 set
Rp 350.000,-
Rp 350.000,-
Potongan saldo endapan mandiri
1 set
Rp 100.000,-
(-/minus)
Rp 100.000,-
(-/minus)


Jumlah
Rp 1.020.000,-
    Saldo merupakan keterangan dana yang dipersiapkan untuk kebutuhan mendadak diluat estimasi rencana keuangan, sebuah bakcup dana, tabel diatas merupakan kompilasi dana termasuk dana promosi, inovasi dan ekperimen. Biaya saldo endapan tabungan pun disertakan sebagai rincian dana yang patut diperhitungkan.

*      Pencairan Dana Tahap II
à      Biaya Ekspansi Usaha 70 % dari pencairan dana tahap II sebesar Rp 4.200.000,- dengan rincian sebagai berikut.
Nama
Jumlah
Harga
Total
Display Freezer
2
Rp 1.550.000,-
Rp 3.100.000,-
CoollerBox
5
Rp 135.000 ,-
Rp 675.000,-
Overhead
1
Rp 170.000,-
Rp 170.000,-
Backup Dana
1
Rp 255.000,-
Rp 255.000,-


Jumlah
Rp 4.200.000,-
    Biaya ekspansi akan digunakan setelah Just Q-ding beroperasi minimal 3 bulan dan mulai mendapatkan mitra usaha yang lebih luas untuk memperluas pasar, sehingga profit maksimal dapat dicapai sesuai harapan dan estimasi.                             
à      Backup Dana Tahap II / Tabungan 30 % dari pencairan dana tahap II sebesar Rp 1.800.000,- dengan rincian sebagai berikut.
Nama
Jumlah
Harga
Total
Tabungan
1
Rp 1.800.000,-
Rp 1.800.000,-


Jumlah
Rp 1.800.000,-
    Tabungan merupakan dana yang digunakan sebagai saldo endapan perusahaan yang dapat digunakan untuk keperluan yang sangat urgent atau sebagai solusi “Assesment of Risk”, tujuan penyimpanan dana adalah sebagai pengamanan keuangan bisnis secara keseluruhan.

*      Rencana Arus Kas

à      Rencana Arus Kas


Rincian
Bulan I
Bulan II
Bulan III
Bulan IV

Uang tunai di awal bulan
4900
3600
4460
6265

Uang masuk dari penjualan
4200
7260
9555
11100

Uang masuk lainnya
-
-
-
-

Total uang masuk (A)
9100
10860
14015
17365

Uang keluar untuk biaya bahan langsung
2650
3150
3900
4450

Uang keluar untuk tenaga kerja langsung
900
1100
1500
1500

Uang keluar untuk biaya tidak langsung
750
950
1150
1350

Uang keluar untuk investasi terencana
250
250
250
250

Pembayaran hutang
750
750
750
750

Uang keluar lainnya
200
200
200
200

Total uang keluar (B)
5500
6400
7750
8500

Jumlah uang pada akhir bulan (A-B)
3600
4460
6265
8865


*      Assesment of Risks
à         Potensial Resiko
1.         Kompetitor menyadari sistem marketing Just Q-ding
2.         Harga bahan baku yang mahal karena kekurangan pasokan
3.         Mitra usaha menunda pembayaran penjualan
4.         Karyawan tidak mendukung sistem kerja yang diterapkan Just Q-Ding company
à         Dampak Resiko
1.         Persaingan pasar akan semakin sulit dan proses ekspansi terhambat
2.         Produk puding akan mengalami kenaikan biaya produksi yang tinggi sehingga Just Q-Ding company harus siap dalam mengatasi masalah tersebut demi menjaga ketahanan pasar
3.         Just Q-Ding mengalami hambatan dalam perputaran dana yang akan menghambat proses produksi dan distribusi dalam siklus Just Q-Ding company
4.         Proses produksi dapat berhenti sehingga distribusi terhambat untuk beberapa waktu tertentu, resiko terburuk adalah konsumen merasa kecewa karena tidak dapat menikmati puding Just Q-Ding sehingga ketahanan pasar melemah
à         Strategi dan Solusi
1.         Strategi marketing sudah mulai direncanakan sesuai dengan tahapan yang akan dilalui dalam 4 bulan pertama usaha berjalan, kemudian membangun jaringan dengan proses loby kebeberapa target pasar untuk membuka jalan kerjasama sebagai mitra usaha yang saling menguntungkan. Pada dasarnya mitra usaha adalah konsumen Just Q-Ding company yang harus dilayani seperti layaknya raja sehingga dapat memberikan profit maksimal dan menjadikan hubungan kerjasama secara langgeng. Hubungan mitra usaha yang baik akan menjaga pasar Just Q-Ding dalam dunia usaha.
2.         Just Q-Ding Company akan membuat komitmen kepada mitra usaha penyedia bahan baku utama sehingga bila terjadi sesuatu hal diluar perhitungan maka akan disepakati secara bersama untuk mendapatkan solusi win-win solution agar proses produksi tetap berjalan dan tidak begitu mengganggu jalanya usaha baik distribusi dan pendapatan omset secara signifikan
3.         Just Q-Ding company memiliki dan mempersiapkan dana backup demi kepentingan urgent untuk menjaga kelangsungan usaha dalam beberapa bulan bila terjadi keterlambatan pembayaran penjualan dari mitra usaha distribusi, tetapi Just Q-Ding membuat komitmen diawal perjanjian dengan mitra usaha distribusi demi meminimalisir kesalahan proses usaha
4.         Karyawan akan diseleksi secara cermat dan ketat, proses pertama dalam perekrutan karyawan adalah proses magang kerja selama dua bulan, selama proses magang akan dinilai kepribadian, kinerja, dan keinginan dari karyawan tersebut. Sistem pembayaran upah kerja akan disesuaikan dengan jumlah produksi dengan tetap memberikan gaji pokok sehingga karyawan dapat berkerja secara optimal dan dapat merasa tercukupi kehidupanya melalui pekerjaan di Just Q-Ding company. Sistem bonus ketika target penjualan tercapai akan diberikan kepada karyawan agar karyawan merasa bahwa dia adalah bagian dari keluarga besar Just Q-Ding company

*      Appendices

v  Lampiran beberapa alamat sekolah yang akan menjadi target marketing pada tahap pertama.
1.       SMA Negeri 1 Yogyakarta
Jln. Hos Cokroaminoto No. 10 Yogyakarta
Telp: 0274-513454-542604
Jumlah siswa: 828 (32 siswa per kelas regular dan 20 siswa per kelas akselerasi) dengan 9 kelas tiap tingkatnya.
2.       SMA Muhammadiyah 1
Jln. Gotong Royong II Petinggen Karangwaru Tegalrajo, Yogyakarta
Telp: 0274-563739-519533
Jumlah siswa: 960 dengan 10 kelas tiap tingkatnya dan 2 kelas akselerasi
3.       SMA Stella Duce 1 Yogyakarta
Jln. Sabirin No. 1 kotabaru, Yogyakarta
Telp: 0274-513478-552457

v  Lampiran alamat target mitra usaha pendistribusian display freezer
1.       Gudeg mbarek
Jln. Kaliurang KM 4,5 Utara UGM Karangasem Kocoran Catur Tunggal Depok Yogyakarta
Telp: 0274-520049
2.       Rumah Makan Ngudi Rejeki
Jln. Selokan Mataram, Pogung Kidul, Utara Fakultas Teknik Sipil UGM
Telp: 0274-631012 / 081392303583
3.       D’Paragon
Jln. Merpati No. 98 Mancasan Lor, Condong Catur, Depok, Sleman-Yogyakarta
Telp: 0274-6666 706

Post a Comment for "Bisnis Plan Gudang Domba Peternakan"