Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Reproduksi Ayam Betina

Ayam memiliki sistem reproduksi mirip atau menyerupai dengan dengan burung yaitu sistem bertelur. Calon bakal anak ayam dibentuk di dalam telur dan kemudian ditetaskan di luar tubuh ayam dengan kondisi yang sesuai kebutuhan telur. 

Kali ini diaryternak akan menjelaskan sedikit mengenai sistem organ reproduksi unggas atau ayam. Bagaimana sebuah telur dapat dibentuk di dalam tubuh dan organ apa saja yang berperan dalam proses pembentukan telur. 






Sistem Reproduksi Ayam Betina

 

Secara umum organ reproduksi ayam terdiri dari 2 bagian yaitu bagian ovum atau ovarium dan bagian saluran atau oviduk. Ovarium pada ayam merupakan bagian yang memproduksi sel ovum hingga siap untuk dibuahi. Proses pembentukan sel ovum terjadi terus menerus hingga pada umur tertentu mengalami penurunan jumlah produksi sel ovum. Proses pembentukan sel ovum atau kuning telur dimulai saat ayam memasuki fase dewasa kelamin.




Organ reproduksi ayam betina

Sel telur yang telah matang atau dewasa dilepaskan dari bagian ovarium menuju oviduct. Proses pelepasan ovum ini disebut dengan proses ovulasi pada ayam. Di oviduct proses pembentukan bagian penting dari telur dilaksanakan. Jika kalian memecahkan sebuah telur kalian akan melihat 3 bagian utama dari sebuah telur, yaitu kuning telur, putih telur dan kerabang telur. Bagian-bagian ini memiliki peranan penting dalam pembentukan embrio baru. 



Organ Reproduksi Ayam Betina

Perjalanan pembentukan ayam dimulai dari proses ovulasi yakni pembuahan antara sel ovum dan sperma ayam yang terjadi pada bagian infundibulum.  Setelah proses pembuahan atau tidak proses pembentukan telur tetap berlanjut yaitu pembentukan putih telur pada bagian yang disebut dengan magnum. Setelah terbentuk putih telur kemudian telur dibungkus oleh membran telur pada bagian isthmus selanjutnya pembentukan kerabang keras pada bagian uterus. Selanjutnya dikeluarkan melewati organ vagina melaui kloaka Proses pembentukan pada saluran oviduk ini terjadi kurang lebih 25 hingga 26 jam. Seperti itulah penjelasan proses pembentukan telur secara singkat. Semoga bermfaat. 

Salam Peternakan Indonesia.
sumber : Avian Reproductive System—Female





Post a Comment for "Sistem Reproduksi Ayam Betina"