Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

mengapa memilih jurusan peternakan?

"1 juta orang mungkin 1 juta alasan" mengapa kita memilih sesuatu. kenapa saya memilih untuk menekuni dunia peternakan.Yang pertama-tama adalah alasan yang kuat untuk memilih jurusan ini. ada banyak sekali jurusan di perguruan tinggi yang bisa kita pilih dan peternakan adalah salah satu pilihan yang diberikan. maka karena itu saya pilih 1 diatara pilihan yang ada.

jurusan peternakan memberikan tantangan baru kepada saya.sejak smp hingga sma telah mengenal pendidikan dasar disekolah yang berbasis pada teori dan sangan sedikit implementasinya dalam kehidupan bermasyarakat. dalam perkuliahan, hampir semua jurusan berorientasi terhadap hasil atau produk yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, oleh karena itu saya ingin memepalajari apa saja yang ada dalam dunia peternakan ini dan saya berharap dapat menjadi orang yang berguna dengan keahlian yang saya miliki.




jurusan peternakan menawarkan prospek lapangan pekerjaan yang memadai. tinggal di negara yang memiliki potensi luarbiasa dengan kekayaan sumberdaya alam yang melimpah, yang seharusnya diimbangi dengan jumlah sumber daya manusia yang juga harus dapat memanfaatkan keanekaragama sumber daya alam.

Kembali ke Pertanyaan "Mengapa memilih dunia peternakan?" jawabanya adalah Karena Saya Bangga Menjadi Bangsa INDONESIA.

Tinggal di Negara indonesia dengan jumlah penduduk yang hampir terbanyak didunia. Negara dengan potensi sumberdaya alam yang begitu melimpah, tetapi sayangnya tingkat kesejahteraan dan perkembangan di negara ini masih tergolong rendah. Sebagai bangsa Indonesia kita sebaiknya bangga dengan apa yang kita punya dan menysukurinya serta memanfaatkanya dengan semaksimal mungkin demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti sandang, pangan, dan papan. Indonesia telah mampu melakukan peningkatan sarana-sarana yang ada. Dengan program-program pemerintah yang telah dilaksanakan dari tahun ketahun terlihat pergerakan kearah lebih baik. Namun pergerakan ini masih terbilang cukup lambat dibanding dengan peningkatan jumlah penduduk yang ada. Jika kita melihat sejarah Indonesia yang pernah menjadi lumbung padi asia. Kita seharusnya menyadari bahwa Indonesia ini dapat menjadi Negara yang kaya dan menjadi Negara pengekeksor beras terbesar. Namun yang terjadi kini Indonesia justru melakukan impor dari Negara –negara lain.

Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat banyak ini seharusnya dapat menjadi potensi dalam perkembangan sumberdaya manusia yang ada. Namun ternyata dalam memenuhi kebutuhan pangan saja Indonesia masih mengandalkan Negara lain. Melihat keadaan ini banyak sekali kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup di Indonesia.

Keadaan pangan termasuk juga dengan peningkatan sumberdaya dalam  industri peternakan di Indonesia. Dengan meningkatnya pemenuhan kebutuhan nutrisi masryakat Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan menjadi Negara yang lebih baik. Keadaan ekonomi yang ada sekarang ini menuntut masyarakat Indonesia agar mampu bersaing dengan dunia internasional. Hampir semua sector termasuk juga sektor peternakan. Oleh karena itu kesempatan yang masih terbuka lebar ini dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pengolahan peternakan di indoensia masih terbilang tradisional karena kuranganya tenaga ahli dan kompeten dibidang ini. Produksi yang kurang dibanding dengan peningkatan permintaan akan menjadi tantangan bagi calon tenaga ahli dibidang peternakan.Melihat pentingnya dunia peternakan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan pangan diharapakan lulusan dari jurusan peternakan adalah orang orang yang mampu melakukan perubahan dan perbaikan dalam sektor ini. Oleh karena itulah dunia peternakan menjadi begitu penting untuk dipelajari. Kita jangan berpikir terjun kedunia peternakan adalah memelihara satu atu dua ekor saja. Ini tentang sebuah perubahan menuju kebaikan bangsa. Kita butuh orang-orang yang perduli terhadap kesejahteraan bangsa dan orang-orang yang berkompeten dibidang ini.

Masih banyak alasan mengapa memilih dunia peternakan. Yang terpenting adalah menjadi orang-orang yang berkompeten dibidangnya dan bermanfaat bagi dunia. Apapun pilihan kita, kita harus yakin dan inilah jalan yang sesuai dengan jiwa kita dan tekunilah hingga menjadi professional.

Itulah Sekelumit Alasan Mengapa Memilih DUNIA PETERNAKAN.

9 comments for "mengapa memilih jurusan peternakan?"

  1. Bang saya rencana sehabis lulus mau cari peternakan tapi banyak yang bilang nanti susah dapet pekerjaan dan salah satu yang bilang seperti itu adalah orang yang sudah sarjana peternakan, kalo mau ternak susah di modal katanya coba tolong jelaskan lebih rinci tentang peternakan dan bagaimana prospeknya apakah menjamin untuk masa depan dan saya juga banyak melihat orang" yang berhasil beternak mereka bilang bahwa ilmunya adalah di dapat dari otodidak dan bukan dari orang peternakan dan mereka bilang ga harus sekolah peternakan , saya sangat bingung apakah saya cari jurusan peternakan ini karena saya ingin menjadi pengusaha di bidang ternak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo boleh kasih saran, sekarang ini jurusan apa aja kalo lulus juga banyak yang nganggur kok, jurusan teknik lulus nganggur juga ada. jadi lulusan apa aja kalo emang belom rejekinya kerja ya nganggur. nah pertanyaanya apa kuliah dijurusan peternakan jamin kamu pengusaha ternak ? engga!, basicnya dikampus adalah jadi ilmuaan sedangkan kalo mau jadi pengusaha kamu memang perlu otodidak. perlu latihan. perlu mencoba dan perlu gagal.

      Kalo bingung masalah jurusan, sedikit saran adalah pilihlah jurusan yang kamu sukai, tak perduli orang lain mau ngomong apa, karena kalo yang kamu sukai kamu bisa bahagia disitu,. kalo kamu pilihan jurusan yang kamu aja ga seneng ngapain ? seperti masuk ke sumur kosong, bisa masuk ga bisa keluar. waktu sedikit pilih yang kamu sukai, bahagianya kamu ya kamu yang tau :D
      hehe.. mencoba menjawab semoga makin bingung

      Delete
  2. Maksih Mas, Artikelnya bisa jadi bahan pertimbangan tentang apa yang akan saya lakukan di masa depan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  3. mas, masuk fakultas peternakan itu apa aja yang dipelajari.terus masnya ambil bidang konsentrasi apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bida fokusnya adalah produksi ternak (pemeliharaan), nutrisi ternak, sosial ekonomi dan limbah ternak.

      Delete
  4. Assalamualaikum, sebelumnya saya ingin berterima kasih kpd Kak Janu atas artikelnya yg sangat bermanfaat hehehe. Saya mau tanya dong Kak, untuk universitas di luar negeri yang punya jurusan fapet nya terbilang bagus dimana ya kak? Setau kakaknya aja. Makasih Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku ada di penstate university di amerika, bisa baca di http://animalscience.psu.edu/research/areas/livestock fokusnya bidang agricultural lengkap tapi untuk peternakan fokus di bidang sapi.

      Kalo mau belajar tentang ayam bisa dijerman juga,

      Delete